PERUSAHAAN TELKOM INDONESIA

BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Telkomsel merupakan operator selular terkemuka di Indonesia yang dimiliki PT Telkom dengan kepemilikan saham sebesar 65 persen dan SingTel sebesar 35 persen. Hingga Juni 2010, Telkomsel dipercaya melayani 88,3 juta pelanggan, menjadikan Telkomsel sebagai pemimpin pasar di industri telekomunikasi selular dengan pangsa pasar sekitar 50 persen. Sebagai operator selular yang memiliki visi “Best and Leading Mobile Lifestyle and Solutions Provider in the Region”, Telkomsel menyediakan ragam pilihan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan melalui produk paskabayarkartuHALO maupun prabayar simPATI dan Kartu As.
Komitmen kuat Telkomsel dalam menghadirkan layanan mobile lifestyle yang semakin berkualitas sangat jelas terlihat dengan secara konsisten mengimplementasikan roadmap teknologi selular terkini, yakni 3G, HSDPA, HSPA, HSPA+, serta Long Term Evolution. Tahun ini Telkomsel mengembangkan jaringan mobile broadband dengan mencanangkan 24 kota besar sebagai broadband city. Sebagai pemimpin di industri telekomunikasi selular, Telkomsel telah menggelar 34.000 Base Transceiver Station termasuk lebih dari 6.000 Node B yang menjangkau 95 persen wilayah populasi Indonesia. Seiring diselesaikannya program Universal Service Obligation yang diamanahkan pemerintah untuk menggelar jaringan di 25.000 desa, maka layanan Telkomsel menjangkau hampir 100 persen wilayah populasi Indonesia.
Bahkan kenyamanan berkomunikasi pelanggan Telkomsel yang sedang berada di luar negeri tetap terjamin berkat dukungan 403 mitra operator international roaming dan 300 mitra operator data roaming di lebih dari 200 negara di seluruh belahan dunia. Sesuai dengan hukum Perusahaan Indonesia, Telkomsel mempunyai Dewan Komisaris dan Dewan Direksi dengan tanggungjawab terpisah dan tidak merangkap menjadi anggota dalam kedua Dewan tersebut.
BAB  II
PEMBAHASAN

Mengenal PT. Telekomunikasi Indonesia  Sejarah PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA
Pada tahun 1882, didirikan sebuah badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegraf. Layanan komunikasi kemudian dikonsolidasikan oleh Pemerintah Hindia Belanda ke dalam jawatan Post Telegraf Telepon (PTT). Sebelumnya, pada tanggal 23 Oktober 1856, dimulai pengoperasian layanan jasa telegraf elektromagnetik pertama yang menghubungkan Jakarta (Batavia) dengan Bogor (Buitenzorg). Pada tahun 2009 momen bersejarah tersebut dijadikan sebagai patokan hari lahir Telkom. Pada tahun 1961, status jawatan diubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Kemudian pada tahun 1965, PN Postel dipecah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos & Giro) dan Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN Telekomunikasi) Perumtel.
Pada tahun 1974, PN Telekomunikasi diubah namanya menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional. Tahun 1980 seluruh saham PT Indonesian Satellite Corporation Tbk. (Indosat) diambil alih oleh pemerintah RI menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyelenggarakan jasa telekomunikasi internasional, terpisah dari Perumtel. Pada tahun 1989, ditetapkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 1989 tentang Telekomunikasi, yang juga mengatur peran swasta dalam penyelenggaraan telekomunikasi. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero). Pada tahun 1991 Perumtel berubah bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) Telekomunikasi Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 1991. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Pada tanggal 14 November 1995 dilakukan Penawaran Umum Perdana saham Telkom. Sejak itu saham Telkom tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), Bursa Saham New York (NYSE) dan Bursa Saham London (LSE). Saham Telkom juga diperdagangkan tanpa pencatatan di Bursa Saham Tokyo.
Tahun 1999 ditetapkan Undang-undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Penghapusan Monopoli Penyelenggaraan Telekomunikasi. Memasuki abad ke-21, Pemerintah Indonesia melakukan diregulasi di sektor telekomunikasi dengan membuka kompetisi pasar bebas. Dengan demikian, Telkom tidak lagi memonopoli telekomunikasi Indonesia. Tahun 2001 Telkom membeli 35% saham Telkomsel dari PT Indosat sebagai bagian dari implementasi restrukturisasi industri jasa telekomunikasi di Indonesia yang ditandai dengan penghapusan kepemilikan bersama dan kepemilikan silang antara Telkom dan Indosat. Sejak bulan Agustus 2002 terjadi duopoli penyelenggaraan telekomunikasi lokal. Pada 23 Oktober 2009, Telkom meluncurkan "New Telkom" ("Telkom baru") yang ditandai dengan penggantian identitas perusahaan.
PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom Indonesia atau Telkom saja) (IDX: TLKM LSE: TKID NYSE: TLK) adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. Telkom mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan jumlah pelanggan telepon tetap sebanyak 15 juta dan pelanggan telepon seluler sebanyak 50 juta. Telkom merupakan salah satu BUMN yang sahamnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia (51,19%) dan oleh publik sebesar 48,81%. Sebagian besar kepemilikan saham publik (45,58%) dimiliki oleh investor asing, dan sisanya (3,23%) oleh investor dalam negeri. Telkom juga menjadi pemegang saham mayoritas di 9 anak perusahaan,termasuk PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Presiden direktur Telkom saat ini adalah Rinaldi Firmansyah yang menggantikan Arwin Rasyid pada 28 Februari 2007.

2.      Visi dan Misi PT.TELKOM
Menjadi dominant INFOCOM player di kawasan regional
a.      VISI TELKOM :
Ø  Menguasai pangsa pasan (market share) mayoritas, sehingga selalu unggul di dalam iklim kopentensi usaha yang semakin
Ø    Mampu mengendalikan bisnis Telekomunikasi sekaligus pertelekomunikasi tingkat regional
Ø    Mampu meraih pertumbuhsn bisnis secara sinitifikan
Ø Mampu memberikan kontribusi maksimum terhadap pendapatan nasional perusahaan.

b.      MISI TELKOM :
Ø  Memberikan layanan "one stop service" dengan kualitas prima dan harga kompetif
Ø Mengelola usaha dengan cara yang tebaik, dengan mengoptimalkan SDM yang unggul dengan teknologi yang kompetif dan dengan business partner yang sinergi.

3.      Produk dan layanan PT.TELKOM
Telkom menyediakan jasa telepon tetap kabel (fixed wireline), jasa telepon tetap nirkabel (fixed wireless), jasa telepon bergerak (mobile service), data/internet serta jasa multimedia lainnya.
a.       Telepon (PSTN)
PSTN adalah singkatan dari Public Switched Telephone Network atau yang biasa disebut jaringan telpon tetap (dengan kabel). PSTN secara umum diatur oleh standar-standar teknis yang dibuat oleh ITU-T, dan menggunakan pengalamatan E.163/E.164 (secara umum dikenal dengan nomor telepon). Public Switched Telephone Network memiliki fitur-fitur, yaitu :
Ø  Call Waiting / Nadasela.
Ø  Call Forwarding / Lacak.
Ø  Hotline / Andara.
Ø  Three Party / Trimitra.
Ø  Abbreviated Dialing / Sandinada.
Ø  Hunting
Ø  Keyword
Ø  CLIP-Calling Line Identification Presentation
Ø  Voice Mail Box (TELKOMMemo)
Ø  TeleInfo
Ø  SMS (TELKOMSMS)

b.      Telkom Flexy
TelkomFlexi merupakan salah satu produk telepon fixed wireless yang dikeluarkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Produk ini lebih dikenal dengan nama "Flexi" . Saat ini operasionalnya dikelola melalui salah satu Divisi di Telkom, yaitu Divisi Fixed Wireless Network (DIV FWN). Akan tetapi setelah dilakukan transformasi di PT Telekomunikasi Indonesia, per tanggal 1 Juli 2009, operasional dari FLEXI ini dikelola oleh Divisi Telkom Flexi (DTF). Flexi menggunakan teknologi CDMA (Code Division Multiple Access) 2000 1x, dan berlisensi sebagai Fixed Wireless Access (FWA) atau Telepon Tetap Nirkabel. Sampai posisi saat ini, Flexi masih menjadi operator terbesar dalam layanan FWA di Indonesia.

Ø  Fitur Layanan TELKOM Flexi
Dengan kecepatan akses hingga 153 Kbps, TELKOMFlexi pantas menjadi solusi kebutuhan komunikasi data Anda, mulai dari akses internet, download file, SMS, MMS* hingga fitur Call Forwarding, Call Baring maupun Voice Mail. Daftar fitur TELKOMFlexi :
ü  Call Forwarding
ü  Call Barring
ü  Call Hold
ü  Call Waiting
ü  Cancel Call Waiting
ü  Three Way Calling
ü  Voice Mail
ü  Message Waiting Indicator
ü  Do Not Disturb
ü  Calling Name Presentation
ü  Call Control
ü  Outgoing Call Allowance
ü  Selective Call Acceptance
ü  Activation Schedule Profile
ü  Priority Access
ü  Calling Line Identification Presentation (CLIP)
ü  Calling Line Identification Restriction (CLIR)
ü  SMS (Short Messaging Service)
ü  MMS (Multimedia Messaging Service)*
ü  Web Service
ü  Data
Video Streaming (music, film, ds)
Benefit yang dapat dinikmati
Pelanggan dapat memperoleh layanan akses data unlimited dengan harga terjangkau. Memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk memilih layanan akses data sesuai dengan kebutuhan baik Harian, Mingguan maupun Bulanan. Kecepatan akses up to 153 Kbps (single speed)
Syarat dan Ketentuan
Untuk nomor Classy yang masih aktif dan tidak memiliki tunggakan pembayaran. Untuk pelanggan Trendy tidak dalam masa grace/ masa tenggang (Pelanggan tidak dapat melakukan registrasi, STOP, LIST maupun akses internet dalam masa grace). Minimal saldo bagi Pelanggan Trendy untuk dapat mengakses FlexiNet Unlimited adalah Rp 100, Sehingga jumlah keseluruhan minimal pulsa yang diperlukan oleh Pelanggan untuk mengikuti Program ini adalah:
Paket Harian
Paket Mingguan
Paket Bulanan
Jumlah Saldo yang diperlukan pelanggan
Rp. 2.600,-
Rp. 15.100,-
Rp. 50.100,-
Tarif Paket
Rp. 2.500,-
Rp. 15.000,-
Rp. 50.000,-
Minimal saldo untuk akses internet
Rp. 100,-
Rp. 100,-
Rp.100,-


Paket
Triwulan
Paket
Semesteran
Paket
Tahunan
Paket
Sekolahan
Jumlah Saldo yang diperlukan pelanggan
Rp. 137.000,-
Rp. 257.000,-
Rp. 452.000,-
Rp. 37.000,-
Tarif Paket
Rp. 135.000,-
Rp. 255.000,-
Rp. 450.000,-
Rp. 35.000,-
Minimal saldo untuk akses internet
Rp. 2.000,-
Rp. 2.000,-
Rp. 2.000,-
Rp. 2.000,-


4.    Motto PT. Telkom
Setiap perusahaan khususnya perusahaan besar tentunya memiliki suatu motto atau slogan sebagai bentuk pencitraan perusahaannya. Motto juga biasanya digunakan sebagai identitas suatu perusahaan. Suatu motto tentu mempunyai suatu maksud yang ingin disampaikan suatu perusahaan kepada  stakeholders  (pelanggan,  mitra  kerja,  pemegang  saham, kompetitor,  masyarakat).  Begitu  juga dengan  PT. Telkom  yang mempunyai motto   Commited 2 U. Dalam  rangka  memberikan   yang  terbaik  kepada  stakeholders, setiap insan PT. Telkom wajib menjaga dan mempunyai nilai kerja yang merupakan wujud nyata dari   Commited 2 U   yaitu:
a. Kejujuran (jujur dan tulus, dapat dipercaya, satunya kata dengan perbuatan, keteladanan) Memiliki kejujuran berupa integritas, ketulusan, dapat dipercaya dan satu kata dengan perbuatan,  selain itu bersikap dan berperilaku  baik sehingga menjadi teladan bagi bawahannya.
b.  Transparan (menyatakan apa adanya, no hidden agenda) Menyampaikan hal-hal yang perlu diketahui oleh orang lain dilingkungan perusahaan sesuai dengan kepentingan dan kewenangannya.Dalam melakukan aktivitas hubungan dengan pihak atau unit lain tidak mempunyai maksud-maksud lain yang bertentangan dengan kepentingan perusahaan.
c.  Komitmen (memiliki kesatuan tekad dan tujuan, loyal kepada perusahaan, konsisten pada keputusan, dedikasi kepada stokeholders) Bekerja dengan dedikasi tinggi yang dilandasi dengan kesamaan pandangan dan tujuan dengan perusahaan. Bertanggungjawab penuh atas pelaksanaan keputusan yang telah ditetapkan sesuai dengan kwenangan dan berani menanggung  resiko atas keputusan yang diambilnya. Menjalankan  keputusan yang sudah disepakati  untuk  mendukung  pemenuhan  kepentingan  stakeholders secara proporsional.
d. Kerjasama (open minded, menerima perbedaan dan kritik, positive thinking, tidak sektoral, tidak menyalahkan orang lain) Membangun sinergi dan terbentuknya kerja tim yang solid dengan menghilangkan sekat-sekat vertical, horizontal dan hubungan antar unit. Menciptakan iklim dimana setiap karyawan bisa berpartisipasi dan berkontribusi dengan mengembangkan ide, kreatifitas dan gagasan banyak orang  (open minded)  serta  selalu  melihat  sisi  positif  dan manfaat dari setiap ide, gagasan, kritik, permasalahan  yang disampaikan tanpa mencari-cari kesalahan orang lain.
e.  Disiplin (patuh pada aturan dan sistem) Bekerja dngan mengikuti sisten dan peraturan yang berlaku serta hasil pencapaian performansi tidak dilakukan melalui cara-cara pintas (short cut) demi terciptanya   good governance  .
f.       Peduli (customer centric, respect for others, emphatic)
Berupaya  memahami  dan  menghargai  kebutuhan  kebutuhan stakeholders  serta  menaruh perhatian yang tulus terhadap permasalahan yang dihadapi dan mengupayakan solusinya. Tanggung jawab (kepatutan/proper, excellent result, continous inprovement) Bertanggung jawab  dalam  memberikan  hal  yang  terbaik  bagi stakeholders,  dengan kualitas atau mutu sebagai tujuan, dengan cara memenuhi standar-standar proses dan mutu yang telah disepakati dan ditetapkan, tidak pernah puas dengan hasil yang dicapai dan selalu berupaya melakukan perbaikan serta meningkatkan hasil.

5.      Budaya Perusahaan PT. Telkom
Budaya   dalam   suatu   perusahaan    biasanya  bertujuan untuk mengatur para karyawan agar dalam setiap apa yang dikerjakan tidak melenceng dari tujuan  awal   yang   ingin   dicapai.   Khususnya untuk perusahaan  besar yang memiliki karyawan  yang berjumlah  sangat besar seperti  PT.  Telkom  budaya  perusahaan  sangat  dijunjung  tinggi  agar kerjasama  dan  kekompakan  antara  atasan  dan  bawahan  maupun  antar karyawan terjalin selaras. Di PT. Telkom sendiri terdapat  budaya perusahaan  yang disebut dengan   Budaya  The Telkom  Way  (TTW)  135   yang  berpedoman  pada lima perilaku yaitu sebagai berikut:
a.    Stretch of Goals
Karyawan  PT.  Telkom  harus  mempunyai  komitmen  untuk dapat  mencapai  target  yang  lebih  tinggi  atau  diatas  rata-rata dari yang diharapkan.
b.   Simplify
Karyawan PT. Telkom senantiasa berusaha meningkatkan cara- cara kerja yang semakin baik, cepat dan mudah (simplify). Penyederhhanaan dapat dilakukan dalam hal memecahkan masalah dengan tidak menerapkan peraturan yang kaku, mengambil keputusan dan aktifitas atau proses yang cepat, dan penggunaan  teknologi  yang  sudah  diaplikasikan.  Sikap sederhana dapat juga direfleksikan dalam penggunaan anggaran atau peralatan yang tidak boros, efisien dan tidak mubazir, serta tidak menciptakan pekerjaan yang tidak perlu.
c.   Involve Everyone
Karyawan  PT. Telkom senantiasa  berusaha  melibatkan  setiap orang (involve everyone) yang terkait untuk bekerjasama membangun  sinergi  dan  terbentuknya  kerja  tim  yang  kuat. Menghilangkan sekat vertikal (karyawan dengan managemen), horizontal (antar fungsi) dan external (customer dan suplier), agar tercipta iklim dimana semu karyawan bisa berpartisipasi dan berkontribusi.  Dengan kerjasama akan memunculkan  ide, kreatifitas  dan  gagasan  banyak  orang,  sehingga  tugas  yang berat menjadi lebih ringan, dapat dilakukan lebih cepat, lebih cerdas dan lebih inovatif.
d.   Quality is My Job
Karyawan PT. Telkom harus mengutamakan kualitas dalam melaksanakan pekerjaannya (quality is my job). Kualitas bukan pekerjaan atasan tetapi pekerjaan semua karyawan. Memastikan   bahwa   kualitas   atau  mutu  pekerjaan   menjadi tujuan yang dimulai dari pekerjaan yang ada pada setiap insane pegawai.
e.   Rewards the winner
Karyawan  PT. Telkom  harus mempunyai  sikap saling menghargai  pendapat,  respek  dan  menerapkan  penghargaan yang tinggi bagi yang terbaik (rewards the winner), baik secara individu maupun unit kerja.

6.      Logo Perusahaan PT. Telkom
Di era persaingan bisnis sekarang ini satu perusahaan tentunya selain memiliki kinerja yang baik, juga harus memiliki identitas tersendiri yang membedakannya  dari perusahaan-perusahaan  lainnya yang bergerak dibidang yang sama. Untuk itu banyak perusahaan-perusahaan  menciptakan  sebuah logo yang  selain  untuk  membedakannya  dari  perusahaan-perusahaan  lainnya yang  ada  juga  sebagai  identitas  dari  perusahaannya. Sehingga hanya dengan melihat logonya saja masyarakat sudah mengetahui perusahaan apa itu. Logo juga bersifat persepsi bagi perusahaannya. Sebuah logo akan mejadi brand image dari suatu perusahaan. Sudah banyak perusahaan yang sudah melakukan transformasi visi dan misi mereka melalui sebuah logo. Karena suatu perusahaan tidak begitu saja membuat logo. Sebuah logo bagi perusahaan biasanya memiliki makna tertentu. Tanggal  23 Oktober  2009 PT. Telkom  merayakan  ulang tahunnya yang ke 153 tahun. Sekaligus pada tanggal itu pula dilaksanakan soft launching suatu transformasi dan perubahan landscape bisnis PT. Telkom. Suatu perubahan landscape bisnis dari bisnis Informasi dan komunikasi menjadi Telecommunication, Information, Media and Edutainment (TIME). Hal  ini  dikukuhkan dengan  positioning  Telkom  yang  baru  yaitu  life confident dengan taglinenya The World In Your Hand. Berikut ini adalah gambar dari logo PT. Telkom:

Berikut ini adalah makna dari simbol PT. Telkom diatas:
a.   Lingkaran sebagai simbol dari kelengkapan produk dan layanan dalam portofolio bisis baru PT. Telkom yaitu TIME (Telecommunication, Information, Media & Edutainment). Expertise.
b.  Tangan yang  meraih ke luar. Simbol   ini mencerminkan pertumbuhan dan ekspansi ke luar. Empowering.
c.  Jemari tangan. Simbol ini memaknai sebuah kecermatan, perhatian, serta kepercayaan dan hubungan yang erat. Assured.
d.  Kombinasi  tangan  dan  lingkaran.  Simbol  dari  matahari  terbit yang maknanya   adalah   perubahan   dan   awal   yang   baru. Progressive.
e.   Telapak tangan yang mencerminkan kehidupan untuk menggapai masa depan. Heart.
Apapun makna dari warna-warna  yang ada pada logo PT. Telkom diatas adalah sebagai berikut:
a.    Expert Blue pada teks Telkom melambangkan keahlian dan pengalaman yang tinggi
b.   Vital  Yellow  pada  telapak  tangan  mencerminkan  suatu  yang atraktif, hangat, dan dinamis
c.   Infinite sky blue pada teks Indonesia dan lingkaran bawah mencerminkan  inovasi  dan  peluang  yang  tak  berhingga  untuk masa depan.

7.      Struktur Organisasi PT. Telkom
Dalam tim manajemen PT. Telkom terdiri atas dua bagian kepemimpinan yaitu  Komisaris  dan  Direksi.  Berikut  ini  adalah  bagan struktur organisasi dari tim manajemen dari PT. Telkom:
a.        Direktur Information Technology
b.        Direktur Human Capital and General Affair
c.        Direktur Keuangan
d.       Direktur Enterprise and Wholesale
e.        Direktur Network and Solution
f.         Direktur Compliance and Risk Manageme
g.        Direktur Konsumer

8.      Penghargaan yang Diperoleh PT. Telkom
Mendapatkan sebuah penghargaan tentu saja dapat membuat siapapun yang mendapatkannya merasa bangga dan merasa apa yang dikerjakan  diapresiasikan  dan  dihargai  oleh  orang  lain.  Karena  setiap orang tentu saja akan melakukan hal-hal yang terbaik agar dihargai oleh orang lain. Penghargaan juga dapat memotivasi seseorang untuk dapat melakukan  sesuatu  lebih  baik  lagi,  karena  dengan  penghargaan  justru bukan berarti seseorang dapat merasa puas begitu saja tetapi suatu penghargaan  seharusnya  dijadikan  sebagai suatu beban bagi orang yang mendapatkannya agar tetap mempertahankan prestasi yang sudah ada. Begitu halnya dengan perusahaan, apalagi  sekarang  ini dizaman yang serba berkembang  dan persaingan  bisnis  semakin  ketat. Untuk itu banyak hal yang dilakukan oleh perusahaan agar masyarakat tetap dapat melihat eksistensi perusahaan tersebut. Penghargaan yang telah diperoleh oleh PT. Telkom dari tahun ke tahun semakin memperkukuh eksistensinya sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbaik dan terbesar di Indonesia bahkan telah mendunia. Berikut ini adalah beberapa penghargaan yang diperoleh PT. Telkom sejak tahun 2008 sampai dengan tahun 2010 berdasarkan level penghargaan, kategori penghargaan, dan sumber penghargaan :
No
Level
Kategori
Sumber
1
National
Top Brand Service Provider
Marketing Magazine
2
National
The Best Prepaid CDMA Operator dan The Best Customer Care
Selular Magazine cooperating with Indonesian Telecommunication Society (MASTEL)

3

National
The Company With The Best Corporate Image
Frontier Consulting Group


4


National

As Big Three, Telkom will join in 2008 ASIAN MAKE Award Competition


Dumanis



5



National



The Best CSR Reporting in
Annual Report 2007

Nasional Center for Sustainability Reporting (NCSR) cooperating with Indonesian Institute for Accounting Management (IAMI)

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. yang selanjutnya disebut TELKOM, merupakan perusahaan penyelenggara layanan informasi dan telekomunikasi (InfoComm) serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap (full service and network provider) yang terbesar di Indonesia. Sampai dengan 31 Desember 2009, jumlah pelanggan TELKOM telah tumbuh sebesar 21,2% atau menjadi 105,1 juta pelanggan. TELKOM melayani 8,4 juta pelanggan telepon tidak bergerak kabel, 15,1 juta pelanggan telepon tidak bergerak nirkabel, dan 81,6 juta pelanggan telepon seluler. Sampai dengan 31 Desember 2009, sebagian besar dari saham biasa TELKOM dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia dan sisanya dimiliki oleh pemegang saham publik. Saham TELKOM diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (“BEI”), New York Stock Exchange (“NYSE”), London Stock Exchange (“LSE”) dan Tokyo Stock Exchange (tanpa tercatat). Harga saham TELKOM di BEI pada akhir Desember 2009 adalah Rp9.450 dengan nilai kapitalisasi pasar saham TELKOM pada akhir tahun 2009 mencapai Rp190.512 miliar atau 9,43% dari kapitalisasi pasar BEI. Untuk menghadapi tantangan dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan mobilitas dan konektivitas tanpa putus, TELKOM telah memperluas portofolio bisnisnya yang mencakup telekomunikasi, informasi, media dan edutainment (TIME ). Dengan meningkatkan infrastruktur, memperluas teknologi Next Generation Network (NGN) dan memobilisasi sinergi di seluruh jajaran TELKOMGroup, TELKOM dapat mewujudkan dan memberdayakan pelanggan ritel dan korporasi dengan memberikan kualitas, kecepatan, kehandalan dan layanan pelanggan yang lebih baik.
PERUSAHAAN TELKOM INDONESIA
Item Reviewed: PERUSAHAAN TELKOM INDONESIA 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

TelkomFlexi merupakan salah satu produk telepon fixed wireless yang dikeluarkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Produk ini lebih dikenal dengan nama "Flexi" .

http://www.sabung-online.net/

Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!