9 Langkah Tepat Mengoptimalisasi SEO Pada Sebuah Blog atau Website.

Kali ini saya mencoba berbagi pengalaman, sebagai seorang blogger yang baru mengenal dan alhamdulillah saya terus mendalami tentang bagaimana cara mengoptimalkan SEO pada blog kita sendiri. Panjang sudah perjalanan yang ditempuh oleh seorang blogger, tapi itu memang sudah wajib, jika ingin blog kita dapat ranking satu di search engin google. Perlu diketahui dengan mengoptimalkan SEO pada blog kita maka sudah pasti kita dapat ranking pertama di halaman google, dan kali kita mencoba membahas Tengang Bagaimana Cara Mengoptimalkan SEO pada suatu Blog. Jadi harapan saya anda jangan pernah bosan membaca artikel-artikel yang sedikit panjang, karena artikel yang membahas panjang lebar itu sangat bermakna.

Berikut ini adalah 9 langkah yang wajib dilakukan untuk mengoptimalkan SEO sebuah blog atau website:

1. Riset Kata Kunci/Keywords

Riset kata kunci atau keywords dalam dunia blogger adalah pokok utama jika kita ingin membangun sebuah blog atau website, Ketika anda akan membuat sebuah website untuk bisnis anda, tentunya anda tidak membuatnya begitu saja tanpa ada sebuah perencanaan. Untuk mendapatkan keywords atau kata kunci yang elegan pastinya banyak cara, salah satunya dengan menggunakan Google Adwords: Keyword Tools, layanan ini disediakan oleh Google secara gratis.

2. Membuat Domain yang Berisi Kata Kunci atau Keywords

Usahakan nama domain yang anda buat mengandung kata kunci sesuai dengan kata kunci yang anda inginkan tembus page one google.Pengalaman saya sejauh ini keyword on domain masih cukup berpengaruh.Jika nama domain sudah sudah tidak tersedia,buatlah nama domain yang masih berhubungan dengan keyword yang mau anda bidik atau dengan nama brand anda bahkan nama anda sendiri juga tidak masalah yang penting nanti pada settingan title,deskripsi dan keyword mengandung kata kunci yang anda targetkan.

Domain Berisi Kata Kunci banyak kalangan blogger yang mengira dengan memasukkan keywords dalam domain tentunya akan membantu mesin pencari untuk mengetahui fokus website yang dibuat. Contohnya jika anda membuat sebuah web tentang penyedia jasa SEO atau jasa backlink, anda bisa saja menggunakan domain gudangbacklink.com, rajaseo.com, seomax.com, ratuseo.com, dan lain-lain. 

Sedangkan contoh domain yang tidak menggunakan keywords on domain biasanya adalah website perusahaan-perusahaan, contohnya google.com, facebook.com, twitter.com, detik.com, yahoo.com, dan lain-lain. Pada intinya keywords on domain tidak pernah berbahaya untuk website anda, hal itu hanya berlaku untuk situs-situs SPAM, dan tentunya anda tidak berencana membuat sebuah situs SPAM, right? So, menggunakan kata kunci  tertentu pada domain situs anda adalah sesuatu yang baik, oh ya saya menyarankan untuk menggunakan ekstensi yang sesuai dengan core bisnis, misalnya ekstensi dot com untuk situs komersial.

3. Membuat Platform yang Tepat Untuk Blog/Website Anda

Sebenarnya tidak masalah mau membangun situs anda dengan menggunakan platform yang anda sukai. Bagaimanapun juga, bila anda ingin membuat sebuah situs yang Google friendly dan user friendly maka platform WordPress adalah pilihan terbaik. Pada platform WordPress kita juga dapat menginstal berbagai plugins yang dapat membantu kegiatan SEO dan juga membantu tampilan situs agar terlihat lebih baik.

Setelah blog atau web terinstal langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengatur title, deskripsi dan keyword.Karena langkah yang satu ini adalah salahsatu syarat yang wajib dilakukan oleh pemilik blog jika blognya ingin terindex disearch engine dengan baik dan menjual.Untuk cara setting title,deskripsi dan keyword agar blog menjadi seo friendly insya Allah saya shere pada posting berkutnya.

4. Membangun  Struktur Permalinks yang Baik

Pastikan setiap permalink postingan anda berisi judul postingan karenan permalinks yang baik sangat membantu dalam kegiatan seo anda. Itu sebabnya mengapa saya sarankan memakai platform WordPress karena anda akan lebih mudah mengubah settingan permalinks di WordPress. Untuk settingan permalinks postingan biasanya saya menggunakan custom struktur seperti ini /%postname%/ atau /%postname.html

5. Plugins SEO

Seperti saya katakan sebelumnya, kelebihan WordPress adalah dapat diinstal plugins pendukung yang dapat membantu SEO situs anda. Beberapa plugins WordPress yang sangat membantu SEO website anda adalah:

  • Yoast WP SEO atau All In One SEO Pack
  • Google XML Sitemaps
  • SEO Friendly 
  • Dan lain-lain

6. Konten Berkualitas

Ada beberapa perdebatan tentang konten berkualitas itu seperti apa, ada yang bilang “artikelnya minimal 500 kata”, dan ada yang bilang “artikelnya minimal 700 kata”, faktanya adalah tidak ada yang lebih baik dari sebuah konten yang original. Buatlah konten untuk pembaca anda, buatlah bagaimana agar pembaca anda ingin membaca semua konten anda terus menerus. Seperti yang sudah disampaikan oleh pihak google sendiri bahwa konten adalah RAJA, maka sebaiknya anda tetap mengupdate website anda dengan konten yang original dan menarik bagi pembaca anda. 

Intinya yang harus anda lakukan adalah mengupdate konten secara berkala minimal 1 artikel sehari (usahakan artikel yang dipublish adalah artikel original bukan artikel hasil copy paste.Lebih dari 1 artikel per hari itu lebih bagus.Tapi ingat jangan sampai 1 hari misalkan update 10 artikel kemudian seminggu atau sebulan baru update lagi. Pengalaman saya sendiri yang bagus tuh yang rajin update setiap hari meskipun cuma 1 artikel.Karena pada dasarnya google memang menyukai blog atau web yang terupdate.

Usahakan pada setiap artikel yang dipublish selalu membangun internal linking.Tujuan dari membangun internal lingking tersebut adalah untuk mempermudah mesin pencari dalam  mengindeks semua halaman blog atau website anda secara keseluruhan.Harap diingat jangan terlalu berlebihan ketika membuat internal linking disebuah posting atau halaman terutama membuat duplikat anchor text yang mengarah ke URL yang sama lebih dari 2 hyperlink.Pengalaman saya cara tersebut bukannya bagus,malah membuat peringkat halaman rangkingnya jelek di search engine.Usahakan membuatnya seakan terlihat natural dan relevan. Buatlah artikel yang relevan dan sedikit panjang lebar, karena hal ini google suka dengan artikel yang sifatnya membantu dan mempermudah pembaca.

7. Gunakan Social Media

Jaman teknologi digital sekarang ini siapa sih yang tidak mengenal twitter, facebook, Google plus, dan lain-lain setidaknya pasti mengenal salah satunya. Jika anda sedang membaca artikel ini dan tidak punya salah satu akun social media, saya pikir itu sesuatu yang “luar biasa” – sungguh terlalu :P. Bagi pemilik situs, memiliki akun twitter dan facebook adalah sebuah keharusan. Social media ini tidak hanya akan membantu SEO website anda, tapi juga akan menambah pengunjung ke website anda.

8. Membangun Backlinks

Kalau umur blog sudah mencapai 10 hari, maka saatnya anda untuk mencari backlink dari luar.Tapi jangan banyak banyak,Sehari cukup cari 2 backlink saja dan lakukan secara rutin setiap hari.Agar backlink yang masuk ke blog kita berkualitas,usahakan mencari backlik dari web guys posting atau forum yang memiliki domain authority lebih dari 50. Cara yang lebih bagus jangan naruh backlink di komentar,tapi buatlah artikel yang berhubungan dengan keyword blog anda sebagus mungkin kemudian anda postingkan di forum atau web guys posting.Jangan lupa didalam posting tersebut bikin hyperlink dengan anchor text keyword yang anda bidik dengan link URL blog anda.Untuk optimasi backlink blog baru,home pagenya dulu yang harus didahulukan.

Algoritma search engine akan selalu berubah dari waktu ke waktu, namun hal penting yang tidak akan pernah berubah dalam SEO adalah backlinks. Hal penting yang harus tetap kita perhatikan ketika membangun backlinks untuk sebuah situs adalah membangun backlinks yang berkualiats. Gunakan waktu senggang anda untuk membangun backlinks yang berkualitas dan perlu dilakukan secara terus menerus dengan bertahap.

Langkah di atas adalah strategy untuk memaksimalkan SEO sebuah website dan wajib diterapkan bila anda ingin mendapat perhatian dari search engine, terutama google. Bila anda tidak dapat melakukan hal di atas atau tidak memiliki waktu untuk mengerjakannya, sebaiknya anda menyewa seorang webmaster yang mengerti tentang SEO.

9. Daftarkan Blog/ Website Anda ke Google Webmaster
Ini adalah salahsatu cara agar blog anda cepat terindex di mesin pencari google. Dengan mendaftarkan blog/ website anda ke Google Webmaster maka sudah pasti artikel yang anda tulis akan dapat di search di google. 

Demikian saja dari saya mungkin ini sedikit panjang lebar mengenai cara tepat mengoptimalisasi SEO pada sebuah Blog atau Website. Jika masih ada yang perlu ditanyakankan jangan ragu hubungi saya
no image
Item Reviewed: 9 Langkah Tepat Mengoptimalisasi SEO Pada Sebuah Blog atau Website. 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Komentar Terbaru

Just load it!